-->

Dasar Pembentukan Kelompok Sosial

Dasar Pembentukan Kelompok Sosial - Manusia memiliki pikiran, perasaan, dan kehendak untuk memenuhi aneka macam kebutuhan hidupnya pada daiam suatu gerombolan  sosial. Oleh karena itu, kelompok-gerombolan  sosial yg masih ada daiam rakyat terbentuk melalui proses.

Secan umum, beberapa dasar yang melandasi otäing membangun grup sosial adalah sebagai berikut.

Dasar Pembentukan Kelompok Sosial
Kelompok Sosial


1. Faktor Kepentingan yang sama (Common Interest)



Adanya epentingan yg sama bisa mendorong sekelompok orang untuk membentuk sebuah kelompok sosial. Sejalan menggunakan perkembangan warga  terkini, kelompok-grup sosial dari kepentingan yang sama semal<in berkembang, contohnya gerombolan  arisan, gerombolan  seniman, grup olahragawan.

2. Faktor Darah dan Keturunan yang sama (common ancestry)


Keturunan yang sama semenjak zaman dahulu merupakan dasar persatuan dan tali persaudaraan yg terkuat bagi umat insan. Berdasarkan keturunan yang sama, individu-individu yang tinggal dalam suatu warga  yang merasa memiliki latar belakang suku bangsa atau nenek moyang yg sama kemudian membangun sebuah kelompok sosial, seperti kelompok keturunan Arab & grup keturunan Cina.

3. Faktor Geografis


Adanya jarak yg dekat membuahkan individu-individu bisa saling bertemu, melakukan kontak fisik, dan mengadakan hubungan sosiai sehingga tercipta sebuah grup sosial. Misalnya, individu-individu yang tinggal di kurang lebih pantai, mereka bekerjasama pada memenuhi kebutuhan hidupnya
sehingga tercipta gerombolan  neiayan. Begitu jua menggunakan rakyat yang hayati di pedesaan &
bermata pencaharian menjadi petani, maka muncullah gerombolan -kelompok tani.

4. Faktor Daerah Asal yg Sama


Kesamaan daerah dari terkadang digunakan menjadi dasar bagi pembentukan sebuah grup sosial.
Hal ini seringkaii terjadi bila individu-individu tersebut hidup di daerah perantauan. Merasa mempunyai budaya yang sama, bahasa yg sama, cara berpikir dan mempunyai pola kerja yg sama, akhirnya individu-individu tersebut menciptakan sebuah grup sosial. Contohnya, KMJB (Keluarga Mahasiswa Jawa Barat), Keluarga Besar Minang, & Keiuarga Besar Ende Lio.

Sekian artikel tentang Dasar Pembentukan Kelompok Sosial  semoga dapat membantu teman-sahabat sekalian.
LihatTutupKomentar